Breaking News
Loading...

cara pertama

Dalam keadaan komputer hidup, buka tray pada cd rom, kemudian siapkan CD cleaner yang sebelumnya telah ditetesi cairan pembersih. Tutup tray pada cd rom, maka CD akan berputar dan membersihkan optik dengan sendirinya

cara kedua

setelah selesai,buka tray dan keluarkan CD lens cleaner dan masukkan keping CD berisi data. beruntung jika cd bisa terbaca. jika sebaliknya, ada kemungkinan bagian dalam drive optikal kotor sekali karena debu. kamu perlu membuka case atau tutup bodi drive optikal.dan dibersihkan

cara ketiga

Matikan PC/komputer, copot colokan listrik bila perlu. Lepas kabel konektor IDE dan kabel power yang tertancap di sisi belakang drive. lepaskan baut yang ada pada cd rom dan cari optik nya .kemudian bersihkan optik tersebut

cara keempat

Siapkan obeng untuk membuka case-nya. Keluarkan drive tray dengan mencolokkan kawat kecil ke lubang kecil di sisi bawah tray. Tarik keluar tray secara perlahan dengan tangan.








cara kelima

Lepas sisi cover depan tray dengan menariknya ke atas. Begitu pula dengan drive cover yang harus dilepas dengan cara mendorong pengaitnya.

cara keenam

Copot case atas dan bawah dengan cara membuka baut-bautnya. Semprotkan udara terkompresi – yang biasanya dijual kalengan – pada debu yang melekat di komponen. Ambil kain halus yang bersih, lalu semprotkan pembersih kaca ke kain tersebut. Usapkan kain ke sisi dalam case.

cara ketujuh

Khusus pada bagian optik yang berwarna biru, bersihkan dengan lap lembut yang telah disemprot cairan pembersih kaca. Usapkan perlahan, jangan sampai menggoresnya.

cara kedelapan

Perhatikan pula bagian tray dan roda penggerak tray. Bersihkan drive tray dan tombol di cover drive. Lumasi rodanya dengan minyak bayi atau sedikit oli.

cara kesembilan

Seselesainya, pasang kembali komponen yang tercerai-berai tadi. Kencangkan baut case dengan menggunakan obeng. Masukkan lagi drive optikal ke slot drive bay di PC dan pasang baut pengaitnya.

cara kesepuluh

 
masukan kabel konektor IDE dan kabel power. Pasang tutup samping PC case dan colokkan konektor power PSU. Nyalakan PC dan coba jalankan CD-ROM atau CD musik. Mestinya, drive tersebut bisa memainkannya dengan lancar.